Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Antara ‘jam’ dan ’pukul’

Sering kali kita mendengar ‘jam 8.30’ atau jam ‘nn.nn’, entah kita mendengarnya dari dosen/guru kita langsung ato dari TV skalipun (biasanya acara berita dan acara dialog). Perlu diketahui, penggunaan kata “jam” dan “pukul” sudah ditentukan dalam EYD, bahwa jika kita ingin menggunakan kata jam maka bentuk penulisannya atau pelafalannya adalah sebagai berikut (contoh) : “jam setengah sembilan” bukan “jam delapan lebih tiga puluh” ataupun “jam 8.30” (jika ditulis). Jika kita ingin menulis atau mengucapkan “delapan lebih tiga puluh” maka kita harus menggunakan kata “pukul”, contoh: “pukul delapan lebih tiga puluh” (jika kita tuliskan maka menjadi ‘pukul 8.30’ ), “pukul delapan lebih dua belas menit” (jika kita tuliskan maka menjadi ‘pukul 8.12’ ”), dan seterusnya.

Jadi sekarang sudah jelas, penggunaan kata “pukul” dan “jam”. Yang terkadang sangat memprihatinkan adalah, kesalahan-kesalahn penggunaan tata bahasa ini sering saya jumpai di lingkukangan akademik dan media elektronik (TV, pada acara berita dan dialog resmi). Seyogyanya hal itu tidak perlu terjadi, berhubung lingkungan-lingkungan tersebut adalah lingkungan yang seharusnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bagaimana dengan pengunaan EYD dalam pergaulan sehari-hari? Kalau dalam pergaulan sehari-hari, maka itu adalah hal yang lain lagi. Karena kita tidak mungkin menggunakan kaidah-kaidah resmi EYD pada percakapan kita sehari dg teman, saudara, tetangga dsb. Kita harus fleksibel, perlu diingat, menggunakn kaidah EYD bukan berarti harus membuat hidup kita jadi monoton. 🙂 Seperti kata pulang dan balik, kita gunakan kata pulang dalam acara-acara atau forum resmi dan kita bisa dan boleh menggunakan kata balik pada pergaulan sehari-hari dengan teman sebaya, tetangga, saudara dll. Kata pulang lebih condong digunakan untuk memperhalus bahasa dan keresmian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: