Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Software keren OpenSource kurang populer

Udah agak lama aku sering make software OpenSource, trutama Gimp, InkScape dan distro GNU/Linux. Menurutku software-software ini sangat powerfull, tapi sayangnya kurang populer di masyarakat non GNU/Linux user. Entah kenapa, mungkin emang kurang gaungnya gak seperti software propitiary semacam Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel, dll. Meski gak populer, saya sangat setia dengan mereka. Dlam mendesain suatu layout gambar untuk website misalnya, saya biasa menggunaka Inkscape, dengan software ini saya bisa menggambar gambar vektor (SVG) dengan fleksibel dan leluasa… Bahkan saya lebih suka Inkscape dibanding software vector drawing lain yang propitiary. Disamping lebih flexibel mungkin karena faktor kebiasaan. Dengan sedikti trik dan tehnik serta insting seni yang bagus, software ini bisa menghasil kan karya-karya keren salah satunya bisa dilihat di website ini: wiki.inkscape.org/wiki/index.php/Galleries

Ini adalah contoh screen shot yang saya dapat dari :

http://inkscapebrasil.org/.Galeria

Untuk website Inkscape nya anda bisa buka: http://www.inkscape.org

Sayang sekali software powerful opensource seperti ini kurang populer di masyarakat kita. Kebiasaan membajak software membuat kita jadi terkungkung hanya di lingkungan propiriary saja… dan tidak melihat bahwa ada software yang yang powerfull yang gratis dan open.

Tinggalkan Balasan

