Azwar

Berbagi cerita dan informasi

RTFM, baru kemudian bertanya.

Berawal dari pertanyaan yang berulang-ulang yang datang langsung ataupun lewat forum, akhirnya saya tulis artikel ini. Mungkin agak sedikit keras, tapi ini perlu, bahkan sangat perlu, sebagai pengingat ataupun pembelajaran.

Ternyata masih banyak mahasiswa IT yang belum tahu (atau pura-pura tidak tahu) bahwa pada sebuah distribusi aplikasi ataupun produk IT lain (bahasa pemrograman dll) itu biasanya memiliki file README atau file dokumentasi. Ada juga yang sudah thau bahwa di situ terdapat file README, tapi tidak mau (malas) membaca. Dan parahnya lagi, langsung bertanya kepada orang lain padahal di file README tersebut sudah dipaparkan dengan sangat jelas dan gamblang blang blang blang. Apakah mungkin karena Englishnya minim? Sehingga tidak bisa membaca README tersebut. Saya kurang tahu.

Jika hendak mempelajari sesuatu baca README-nya dahulu. Ingat RTFM? Ya, benar, itu singkatan dari Read The FUCKING Manual atau kalau di bahasa kita “Baca dulu manualnya dong….” seperti itu kira-kira, karena pada singkatan RTFM ada sisipan kata ‘fucking’ – Read The Fucking Manual.

Apakah anda tergolong orang yang suka membaca manual/petunjuk? Ataukah yang bukan.

Bagi yang belum terbiasa/malas membaca manual, mulai sekarang jangan sungkan dan malas untuk membaca manual.
Jika anda bertanya di forum, dan pertanyaan tersebut ternyata jawabannya ada di dokumentasi file (misalkan file README), maka bisa jadi anda akan dimarahi oleh penghuni forum tersebut.
Jangan malas, berusaha dahulu sekuat tenaga, baca manual, baca referensi, kalau tak kunjung menemukan jawaban juga, barulah lemparkan pertanyaan ke forum.

Informasi mengenai RTFM bisa anda dapatkan lebih banyak di internet, tinggal googling saja dengan kata RTFM.

Apakah anda masih ingin bertanya sebelum membaca/mencoba?
Jangan malas, bacalah, bacalah, bacalah. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: