Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Karena saya benci Flash.

Butuh pihak ke tiga (third party) adalah salah satu alasan kuat mengapa saya membenci flash dan juga apapun yang dibituhkan sebagai tambahan web browser agar bisa berfungsi lebih.

Kita tahu bahwa idealnya yang namanya website adalah bersifat siap pakai. Artinya idealnya suatu website harus bisa menyediakan konten termasuk konten multimedia tanpa harus menginstall software tambahan. Contohnya konten flash, ketika anda ingin menikmati konten multimedia tertentu dalam suatu website, dan website tersebut meng-embed-nya menggunakan flash maka website tersebut termasuk dalam website yang menurut saya tidak siap dikunjungi atau siap dinikmati. Anda harus menginstall Adobe flash terlebih dahulu, ini intinya.

Harus menginstall software dari pihak ketiga (third party), ini adalah kata kuncinya. Ketika kita sudah tergantung dengan salah satu vendor, maka ini akan berakibat buruk ke depannya. Buruk dalam antrian, kita akan terkurung dalam segi poengetahuan. Pengetahuan kita akan lebih banyak difokuskan pada produk vendor tersebut. Bagaimana jika suatu saat nanti vendor tersebut akan memungut biaya untuk dapat menikmati aplikasi tambahan tersebut. Karena kita sudah tergantung, maka mau tidak mau kita akan membayarnya, atau membajaknya jika anda seorang pembajak sejati.

Kemudian lambat, hmmmm ini juga saya kurang suka. Halaman website yang menggunakan konten flash akan lebih lambat ditampilkan.

Jaman sekarang adalah jaman modern. Ingat, HTML 5 sudah keluar, dan CSS3 juga. Framework JavaScript juga bertebaran dimana-mana, tinggal kitanya siap/mau belajar atau tidak.

Solusi selain Flash apa yah? Mungkin anda bertanya tanya, jika anda tidak menggunakan Flash dalam website anda terus bagaimana ada membuat animasi untuk website anda? Mungkin pertanyaan anda seperti itu.

Baiklah, solusi selain flash adalah apa yang telah disediakan oleh Consorium WWW itu sendiri, yaitu standar yang dikeluarkan oleh W3C. Saat ini, memainkan game 3 dimensi dalam halaman website bukanlah sesuatu yang mustahil, dan ini tanpa menggunakan plugin atau aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Web browser pada masa ini dan mendatang akan mengarah kesitu. Memainkan video? Anda tidak perlu flash untuk mengembed video ataupun memainkannya untuk suatu website karena pada HTML 5 sudah disediakan tag yang bisa anda gunakan untuk mengembed video tanpa harus menginstall Adobe Flash Player. Dan masiiiiih banyak lagi yang bisa anda nikmati dari perkembangan teknologi web saat ini.

Saya sudah tidak mau lagi menggunakan Flash untuk teknologi website saya. Apakah anda masih ingin menggunakan teknologi Flash untuk website anda? Kenapa? Mari berbagi… 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: