Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Hosting repositori GIT dan SVN gratis dan terbaik

Image representing GitHub as depicted in Crunc...

Image via CrunchBase

Image representing Assembla as depicted in Cru...

Image via CrunchBase

Anda sebagai seorang IT yang berkutat dalam bidang Software Engineering pasti familiar dengan GIT dan SVN. Ya’ betul, keduanya adalah metode control versioning system. Dalam bekerja pasti anda sudah diberikan repository SVN maupun GIT oleh perusahaan tempat anda kerja. Namun dalam sebuah team kecil yang hanya beranggotakan beberapa orang dan belum memiliki jaringan sendiri seperti di kantor tempat kerja anda-anda semua, di mana cara menaruh sourcecodenya.

Baiklah, anda menginginkan hosting repository untuk SVN atau GIT yang gratis? Sekarang pertanyaan saya adalah, apakah anda akan menggunakan hosting repository tersebut untuk proyek opensource ataukah proyek private khusus untuk team anda sendiri?

Jika anda mencari penyedia hosting SVN atau GIT untuk pembuatan proyek opensource, maka berikut ini mungkin bisa dijadikan pilihan terbaik:

  • www.github.com -> website ini menyediakan layanan hosting GIT gratis! Namun hanya untuk proyek opensource saja, jika anda ingin membuat private repository untuk proyek tertutup, and perlu mengeluarkan uang beberapa dolar. Silahkan lihat di website tersebut.
  • sourceforge.net -> website ini spesial untuk menaruh aplikasi opensource yang dikontrol dengan SVN. Website ini sangat terkenal di kalangan opensource dan buaaaaaannnyak sekali project opensource yang ada di situ.

Nah, sekarang adala

h penyedia layanan GIT sekaligus SVN yang gratis dan juga bisa private 🙂
Sayangnya saya hanya punya 1 pilihan saja untuk sekarang ini, yaitu:

  • http://www.assembla.com -> website ini menawarkan layanan gratis untuk GIT ataupun SVN  🙂 Hbatnya, meskipun gratis namun website ini menyediakan kita ruang yang bisa kita gunakan baik secara tertutup ataupun open. Jadi anda bisa membuat proyek opensource ataupun proyek tertutup di sini. Sayangnya untuk yang gratis ini kita hanya diperbolehkan memiliki anggota team maksimal 4 orang untuk berkolaborasi. Lebih dari 4 orang, anda harus membayar. Silahkan dikunjungi websitenya agar lebih jelas.

Itu saja dari saya, mungkin anda punya saran untuk saya mengenai penyedia layanan GIT atau SVN yang gratis tapi bagus dan bisa untuk membuat proyek tertutup. Silahkan berkomentar. 🙂

Iklan

2 responses to “Hosting repositori GIT dan SVN gratis dan terbaik

  1. tumbas Juni 29, 2015 pukul 9:51 am

    trima kasih bro infonya, ane lagi nyoba assembla nih 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: