Azwar

Berbagi cerita dan informasi

JavaME vs JavaSE Embedded, apa perbedaannya?

Java (programming language)

Image via Wikipedia

Oktober 2010, Java mengeluarkan rilis terbarunya Java SE for Embedded 6u21 (Build 9), yaitu Platform Java untuk perangkat embedded device. Lalu apa perbedaannya dengan JavaME, bukankah JavaME juga untuk device. Awalnya waktu pertama baca, saya belum ‘ngehhh’ antara JavaME dan JavaSE Embedded. Ya memang begitu, saya baru tahu subset Java yang ini. Setelah saya baca di website resminya, akhirnya saya baru ‘ngehh’ dan sadar. “Yang namanya Mobile device dan Embedded ya beda lah… ” kira-kira begitu perkataan hati saya. Tapi saya tidak akan menulis tantang apa itu embedded device karena judul dari tulisan saya kali ini bukan itu. Anda bisa mencarinya sendiri di Google atau yg lain.

Baiklah, menurut website resminya, secara garis besar, perbedaan atara JavaME dan JavaSE Embedded adalah:

Target segemennya memang berbeda. JavaME hampir bisa dibilang spesial untuk perangkat mobile (saya bilang hampir bisa lho ya) seperti handset, cellphone serta media player, dan ini didukung oleh CLDC dan juga CDC nya JavaME.  Sedangkan JavaSE Embedded ditargetkan untuk fungsionalitas yang kaya sebagaimana yang dimilki oleh JavaSE dan di tujukan pada perangkat embedded tingkat tinggi secara keseluruhan, dan perangkat-perangkat tersebut memiliki minimal 32MB RAM dan 32MB ROM.

Sebagai catatan, turunannya juga berbeda, JavaME adalah JavaME, sedangkan JavaSE Embedded adalah bagian dari JavaSE.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa kunjungi alamat ini: http://www.oracle.com/technetwork/java/embedded/overview/embedded-faq-159987.html.

Tinggalkan Balasan

