Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Proyek: Musik Gratis dan Legal – Bagian 2

Perkembangan.

1. Desain.

Saat ini proyek Musik Gratis dan Legal sudah mengalami banyak perkembangan dalam sisi desain. Bisa dikatan sudah mencapai progres 80%. Desain web yang telah dibuat menggunakan warna hijau lembut sebagai warna dominan. Dengan gaya yang elegan dan sederhana, diharapkan para pengunjung dapat menelusuri halaman web dengan mudah dan nyaman.

2. Logo dan nama website.

Saya sedang memikirkan nama yang tepat untuk website musik ini, sudah ada beberapa daftar nama, dan saya masih memilah milih. Sayangnya dari nama-nama yang sudah ada ada tersebut, belum ada yang benar-benar memberikan citra yang sesuai denga proyek website yang saya buat. Yaitu gratis dan legal. Hmm.. saya masih mencari nama yang lainya sebelum akhirya saya memutuskan untuk membeli nama dot com. Sehingga nama domain yang nantinya saya beli ini benar-benar mewakili citra websitenya. Kira-kira apa .com ya? Kalo musik.com sudah ada yang memakainya. Barangkali ada yg mau ngasih saran?

3. Arsitektur teknologi website.

Proyek website Musik Gratis dan Legal yang sedang saya buat ini menggunakan arsitektur teknologi Java sebagai pemrograman sisi server dan menggunakan NoSQL database sebagai DBMS-nya.

Saya agak sedikit memiliki kesulitan untuk menyewa server untuk web ini, karena tidak seperti web yang lain dibuat menggunakan PHP. Ada banyak server hosting yang tersedia untuk website berbasis PHP dan haraganya pun terjangkau. Sedangkan website musik yang sedang saya buat ini menggunakn teknologi Java, sehingga harus membeli (menyewa) server hosting khusus berupa VPS untuk yang sekarang. Untuk kedepannya ketika sudah mulai ramai, akan diupayakan menggunakan Dedicated Server. Tentu saja VPS ataupun Dedicated Server ini tidak semurah server hosting PHP, saya harus sedikit merogoh kantong lebih dalam.

Ini saja perkembanga yang bisa saya ceritakan. Tunggu perkembangan yang lainnya ya.

 

Tinggalkan Balasan

