Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Code Sprint – Ngoding secara ekstrim

Anda pernah mendengan Code Sprint?
Sudah? Bagus..
Belum? Penasaran? Simak artikel saya ini.

Jika anda adalah seorang yang berkecimpung dalam dunia IT / mempelajari IT terutama Software Development, pasti anda sering mendengar atau menggunakan kata ngoding. Ya benar, ngoding adalah istilah non formal yang berarti membuat program, atau menulis source code. Ketika seorang membuat aplikasi, dan menuliskan source code menggunakan bahasa pemrograman tertentu, maka dia disebut sedang ngoding.

Tidak apa, jika anda bukan orang IT. Tak ada salahnya untuk tahu bukan? ๐Ÿ™‚

Terus, apa itu Code Sprint?

Gampangnya orang ngomong, Code Sprint adalah balapan ngoding. Atau balapan membuat aplikasi. Simpelnya seperti itu.
Kalau lebih detailnya, Code Sprint ini adalah suatu aktivitas membuat program atau menulis source code secara CEPAT… Para penganut XP (Extreme Programming) sangat dekat dengan istilah Code Sprint ini. Dengan team yang kecil cuma beranggotakan beberapa orang. Mereka membuat suatu aplikasi / program / software secara ‘pecicilan’ hehe istilah apa ini pecicilan. Sangkin ekxtrimnya, dalam 1 malam seorang coder Code Sprint ini bisa membuat aplikasi utuh yang berkualitas bagus. Yang biasanya dibuat oleh programmer biasa selama berhari-hari. Wowww… menakjubkan yah ๐Ÿ™‚

Code Sprint juga bisa berarti suatu acara, ya, bisa mengacu pada suatu acara. Acara yang namanya Code Sprint. Apa isi acara tersebut? Tidak lain dan tidak bukan, adalah acara kumpul bersama antara programmer terutama penganut Extreme Programming untuk membuat aplikasi yang disepakati. Bisa team, atau individu. Mereke berlomba membuat suatu aplikasi / software (sesuai teme.judul yg telah ditentukan) hanya dalam 1 malam!!! Ada banyak kriteria penilaian tentunya, tapi yg jelas adalah cepat dan benar!

Kira-kira seperti itu cerita yang bisa saya bagi. Btw materi ini tidak ada di perkuliahan ataupun di toko buku. Jadi jangan mencarinya di toko buku ya? ๐Ÿ™‚ hehehe…

Iklan

2 responses to “Code Sprint – Ngoding secara ekstrim

  1. dlonra Maret 27, 2014 pukul 11:59 am

    wah ane barusan bikin 1 aplikasi web pengaduan (kurang lebih 7-8 jam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: