Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Shutdown Apache web server di GNU/Linux

Saat ini saya sedang memanage server GNU/Linux.

Sebetulnya saya tidak butuh Apache web server karena aplikas web saya tidak menggunakan Apache sebagai web servernya. Tapi masalahnya saya butuh untuk menjalankan Admin Control Panel yang berbasis web.

Tak masalah, saya jalankan dulu Apache-nya, setelah saya selesai menggunakannya (untuk Admin Control Panel tadi) saya tinggal matikan, demi menghemat memori dan processor.

Karena saya harus menggunakan SSH, maka saya cukup login dengan SSH (artikel cara login bisa dicari di internet) dan setelah masuk, cukup ketikkan perintah:

kill -TERM `cat /usr/local/apache2/logs/httpd.pid`

kill : adalah perintah untuk menghentikan service proses pada Linux, perintahnya diikuti dengan Process ID (pid), bisa diketikan ID nya langsung, atau bisa juga dilakukan seperti cara di atas.

2 responses to “Shutdown Apache web server di GNU/Linux

  1. sarwojowo April 20, 2011 pukul 4:24 pm

    ada ref gak, kl kita melakukan setting di apache, bisa langsung respon tanpa harus restart web servernya,…..

Tinggalkan Balasan

