Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Persepsi Salah Tentang Menggunakan OpenSource

OpenOffice.org 3.0 Splashscreen on GNU/Linux

Image via Wikipedia

Artikel ini ditulis untuk orang yang belum tahu tentang dunia opensource secara umum.

Bagi yang sudah tahu, anda tidak perlu membaca artikel ini. 🙂

Orang berpikir bahwa yang namanya OpenSource hanyalah Linux (harus ditulis GNU/Linux). Orang awam kebanyakan hanya tahu GNU/Linux saja yg OpenSource, padahal bukan, malah banyak.

Walaupun tidak menggunakan GNU/Linux sebagai Operating System-nya, kita juga bisa menggunakan OpenSource. Jika menggunakan Windows dan anda menginstall Inkscape atau Gimp atau OpenOffice (sekarang LibreOffice) aplikasi OpenSource lainnya, berarti anda telah mengunakan produk OpenSource. Jadi menggunakan produk OpenSource tak selamanya harus digunakan di atas GNU/Linux.

Untuk menggunakan produk OpenSource, anda tidak harus mahir pemrograman atau sebangsanya.

Untuk menggunakan produk OpenSource anda tidak harus menjadi seorang programmer. Produk OpenSource bukan hanya untuk programmer saja, tapi untuk semua orang tanpa terkecuali.

Menggunakan produk OpenSource tidak harus repot, tidak harus!

Kesalahan terbesar adalah suatu pendapat yang mengatakan: “OpenSource itu hanya untuk Developer, jika hanya user, tidak usah menggunakan OpenSource, gunakan saja yg berbayar atau gratis tapi closed”

Sekarang, ijinkan saya untuk men jelaskannya.

Apakah produk OpenSource itu hanya untuk programmer? Jawabannya, tidak… Produk OpenSource itu banyak dan tidak hanya untuk programmer. Contoh:

  • Aplikasi Grafis untuk para designer :
    Inkscape, Gimp, Blender, Skencil, Xara Xtreme,  dan masih banyak lagi.
  • Aplikasi 3D untuk animator:
    Blender, Structure Synth, K3D, Sweet Home 3D, Wing Polygon mesh modeller dan sebagainya.
  • Aplikasi Audio untuk para DJ atau juga Music composer:
    LMMS (favorit saya), Aeolus (organ composer), Audacity, Racarrack, Rosegarden, Songwrite, daaaaaannn lain-lain….
  • Aplikasi perkantoran untuk orang umum:
    LibreOffice, Abiword, dsbg.
  • Bahkan para Gammer juga bisa menikmati produk OpenSource:
    Nexuiz, Battle Tanks, FreeDroid, Glest, Hedgewars / Wormux, daaaann lain-lain (tentu game-game ini bisa dimainkan juga di Windows). Capek nyebutinnya.

Saya rasa tidak perlu saya sebutkan semuanya untuk membuktikan bahwa OpenSource tidak hanya untuk Developer/programmer.

Sekarang jelaslah sudah bahwa, kita tidak harus menggunakan Linux untuk dapat menikmati produk OpenSource, anda bisa menginstall aplikasi-aplikasi OpenSource tersebut di atas di Windows dan itu sah-sah saja.

Anda tidak perlu butuk skill pemroraman untuk menggunakan produk OpenSource, jika anda masih menggunakan Windows, install saja program OpenSource di Windows anda. Misalkan, anda menginstall Inkscape, tinggal klik-klik, selesai. Jadi, apakah butuh skill pemrograman (membuat program)?? Tentu saja untuk melakukan hal ini kita tidak butuh skill pemrograman.

Bahkan jika anda menggunakan HP Android (Android adalah salah satu produk OpenSource), apakah anda butuh skill pemrograman? Wakakaka… tentu tidak perlu bukan???  Anda hanya butuh cara menggunakan HP tersebut, sentuh/pencet tombol, ini itu, ini itu, beres…

Melalui penjelasan yang singkat ini, saya harap anda bisa sadar dan paham betul, bahwa menggunakan produk OpenSource itu tidak harus seperti programmer atau bahkan menjadi programmer. Pendapat yang mengatakan bahwa hanya Developer/Programmer yang boleh/bisa/cocok menggunakan produk OpenSource adalah pendapat yang terbukti salah dan mutlak salah.

Semangat OpenSource adalah semangat untuk berbagi, tidak hanya untuk kalangan Developer/Programmer, tapi untuk semuanya. Berkontribusi di OpenSource juga tidak harus selalu melalui koding (menyumbangkan kode program), tapi bisa juga menyumbang dg ide, melaporkan bugs, membuatkan themes graphic, icon, wallpaper, berdonasi dg uang dan sebagainya.

Mari saling memberi dan saling berbagi. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: