Azwar

Berbagi cerita dan informasi

BUGS – CodeIgniter File Upload untuk Image

Saat ini saya sedang membuat aplikasi mnggunakan PHP dan CodeIgniter sebaga framework pilihan saya.

Langsung saja, saya menemui keanehan saat upload gambar. Bukan, bukan karena prosess uploadnya gagal atau error. Tapi karena ada atribut yang kosong berkenaan dengan informasi file gambar yg saya upload.

Jadi begini, ketika saya upload file, saya ingin memastikan apakah file ini asli gambar atau bukan, tidak hanya mengecek ekstensi file nya saja, tapi meta data yg ada dalam file tsb. Karena bisa saja orang iseng, file inigambar.txt di-rename menjadi inigambar.png, kemudian diupload. Jika hanya ekstensinya saja yg dicek, maka upload file tsb akan lolos, tapi jika meta datanya juga dicek, maka file tersebut tidak akan lolos. Ok, proses ini berhasil, artinya jika bukan gambar asli, aplikasi saya berhasil menolak.

Masalahnya, ketika saya mengambl properti panjang dan lebar dari gambar tersebut, kok tidak bias, alias kosong blong.

$data_upload = $this->upload->data();
echo $data_upload['image_width']; //hasilnya kosong

akhirnya saya coba print seluruh data array yg ada di variabel $data_upload

print_r($data_upload, false);

hasil keluaran di browser:

Array ( [file_name] => 100_1795.JPG [file_type] => image/jpeg [file_path] => /opt/lampp/htdocs/mynada/media/artist/alb/ [full_path] => /opt/lampp/htdocs/mynada/media/artist/alb/100_1795.JPG [raw_name] => 100_1795 [orig_name] => [client_name] => 100_1795.JPG [file_ext] => .JPG [file_size] => 265.44 [is_image] => 1 [image_width] => [image_height] => [image_type] => [image_size_str] => )

Ternyata memang benar, item [image_width], [image_height], [image_type], [image_size_str] tidak berisikan value.

Saya menganggapnya ini sebagai bugs. Jika anda memiliki anlisa yg lain, tolong beritahu saya… 🙂

Tinggalkan Balasan

