Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Cerita Koneksi Internet – Fakir Bandwidth

Sebetulnya saya posting tulisan ini karena kekecewaan saya terhadap hampir semua operator seluler di Indonesia, berkaitan dengan layanan internet yang mereka sediakan.

Semakin hari, semakin banyak para pengguna jaringan internet berbasis modem mobile. Entah itu yang GSM maupun CDMA. Namun sayangnya, perkembangan atau pertambahan jumlah pemakai ini tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas untuk mengimbangi jumlah pemakai. Akibatnya, kecepatan internet yang kita dapatkan adalah kecepatan internet kelas siput.

Banyak iklan di televisi yang mengatakan koneksi internet mereka cepat, bahkan ada yang bilang bahwa operatos tsb benci lembat, dan anti lambat. Buktinya, justru koneksinya sekelas dengan kecepatan siput. Super lelet.

Kecepatan yang stabil.

Jika kita bicara kecepatan yang stabil, apa yang sebenarnya dimaksudkan dengan kecepatan stabil? Kecepatan yang tidak berubah drastis secara tepat?! Yap, betul sekali. Tapi tahukan anda, jikalau anda mendapatkan kecepatan yang stabil di negara kita ini, maka yang anda dapatkan adalah kecepatan yang stabil lambatnya. Stabiiillll…. sekali lambatnya, kecepatannya tidak mau naik, tetep di angka yang segitu-gitu aja. Stabil leletnya.

Harga murah, harga mahal, sama saja.

Anda ingin menggunakan koneksi internet yang cepat, kemudian anda rela membayar mahal koneksi tersebut? Selama anda menggunakan modem seluler, maka saya pastikan anda akan kecewa. Uang melayang, kecepatan tinggi tak didapat. Saya berlangganan paket bawah 45rb dan paket agak atas sedikit 90rb, hasilnya, sama saja kecepatannya, hanya beda 10kB 20kB? Hanya beda sedikit, apa artinya? Bahkan ada teman saya yang sampai berlangganan 900rb perbulan, hasilnya?? Super lelet… Saya akui memang, uang buat dia bukanlah suatu masalah, tapi koneksi internet yang didapat sangant tidak sebanding. Keterlaluian harganya dan keterlaluan lambatnya.

Tidak ada true unlimited.

Jangan percaya dengan operator manapun yang menawarkan paket True Unlimited, istilah ini hanyalah istilah jebakan. Seunlimited-unlimitednya kecepatan internet anda, hanya merambat berkisar 40kB/s (bedakan antara kb dan kB). Jika anda berlangganan paket unlimited yang tanpa kuota, maka anda akan mendapatkan kecepatan siput. Namun jika anda berlangganan volume based, anda akan mendapatkan kecepatan super, karena semakin super kecepatan internet paket volume based tersebut, maka semakin super cepat habis pula uang anda. Volume based == menguras kantong dengan super cepat.

Hati-hati dengan sisa pulsa.

Jika anda mengisi pulsa 100rb, kemudian anda mendftarkan 90rb untuk paket internet pilihan anda, maka berhati-hatilah. Sisa pulsa yang 10rb akan dirampok di akhir bulan. Jadi, biasakanlah teliti dan berhati-hati, jika perlu. Anda bisa memakai 10rb terlebih dahulu untuk apa pun terserah anda. Setelah sudah tinggal 90rb pas, atau lebih sedikit, barulah anda registrasikan pulsa tsb. Intinya, berhati-hatilah dengan sisa pulsa anda, jangan mau direnggut, jangna mau dicuri, jangan mau dirampas. Jika operator bisa merampok 10rb dari sisa pulsa tiap bulan, dikalikan dengan sekian juta pelanggan. Maka berapa milyar saja uang hasil rampokan tsb bisa terkumpul?? Wahai anda yang membaca tulisan ini, sadarlah dan ingatkanlah orang-orang disekitar anda.

Berikut ini adalah kecepatan internet yang saya dapat ketika saya berlangganan paket premium. Paket premium == kecepatan siput.

miskin-bandwidth

miskin-bandwidth-merambat-dibawah

miskin-bandwidth-grafik-mentok

Percayalah, jangan mau membayar mahal untuk internet cepat dengan modem seluler, operator manapun…! Lebih baik anda berlangganan paket hemat saja. Atu jika anda tetep ingin dan mau membayar mahal untuk internet kecepatan tinggi, maka janganlah berlangganan pada provider seluler. Berlangganan saja dengan perusahaan ISP murni. Jangan lupa juga, jangan ragu-ragu untuk bertanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: