Azwar

Berbagi cerita dan informasi

Berhati-hatilah dengan ide anda

Jika kita memiliki ide yang kira-kira unik dan spesial, ada baiknya kita jaga ide tersebut. Terutama jika berhubungan dengan suatu karya ataupun produk. Siapa tahu orang lain bisa menduplikasi ide anda dan lebih parah lagi, mengaku-ngaku bahwa dia lah yang pertama menemukna ide tersebut.

Ada quotes yang mengatakan bahwa “Ide hanyalah ide, jika kita tidak melakukannya maka tidak akan ada kejadian baik atau buruk yang muncul”.

Quotes di atas ada benarnya juga, benarnya adalah, kita harus merealisasikan ide kita. Tapi oh tapi, saya sedang tidak membicarakan tentang bagaimana cara merealisasikan ide, saya sedang bercerita tentang menjaga ide. Jadi quotes di atas sangat tidak pas untuk diterapkan dalam cerita ini, karena quotes di atas terlalu merendahkan pentingnya sebuah ide. Quotes hanyalah quotes, jangan terlalu dijadikan patokan untuk melakukan sesuatu. Karena quotes berasal dari sekedar pemikiran orag yang mana tiap orang punya kedalaman berpikir yang berbeda.

Ok kembali lagi tentang masalah menjaga ide. Kita melihat quotes (pepatah) di atas terlalu meremehkan pentingnya sebuah ide. Bagi saya, ide adalah Ruh sebuah produk. Ide adalah ujung tombak dari inovasi serta peradaban.

“Seorang yang bodoh akan mencuri ramuan obat, tapi seorang yan pintar, akan mencuri rumus dari ramuan obat tsb”

“Seorang yang bodoh akan mencuri source code program, tapi seorang yang pintar, akan mencuri ide tentang program tsb bahkan beserta diagram pemodelan analisisnya”

Berdasarkan pengalaman saya, kejadian buruk terjadi terjadi kepada saya ketika saya mengikuti salah satu kompetisi menjadi enterpreneur muda dengan membuat startup company. Di situ saya diwajibkan memberikan proposal tentang bisnis yang sedang saya bangun. Proposal pun saya buat secara detail bersamaan dengan bisnis prosesnya. Awalnya sih saya memang ragu, saya takut ide bisnis saya yang saya tuangkan dalam proposal tsb tidak terjaga rahasianya. Tapi yasudah, itu masalah nanti, saya hanya fokus agar lulus dari kompetisi tersebut dan mendapatkan pemodal yang bisa berinvestasi. Singkat cerita, saya tidak lolos, dan beberapa bulan setelahnya, saya melihat ada website baru yang muncul peris dan tepat dengan ide saya, bahkan sampai detail bisnis prosesnya. Entah ini kebetulan atau bukan. Kalau sampai sama hingga hal terdetail, mungkin agak tidak pantas jika dibilang suatu kebetulan.

Pengalaman saya yg lain, saya membuat tulisan mengenai ide sebuah produk IT, yang kebetulan sedang dalam tahap pengerjaan. Saya posting tentang produk saya tersebut di blog dengan maksud dan tujuan, sebelum produk tsb meluncur, orang sudah tahu tentang produk tersebut sebelumnya. Saya berharap orang-orang sudah mengenal produk tsb melalui tulisan saya, sehingga ketika saya luncurkan produk tsb, maka orang akan dengan mudah menerimanya. Tapi yang terjadi bukanlah demikian, ketika pengerjaan produk tsb belum selesai, ternyata ada pihak yang memanfaatkan tempo waktu tersebut. Yaitu membuat hal yang sama berkaitan produk tersebut. Kalau dibuat variasi tidak masalah, tapi ketika sama persis, ini adalah Plagiat alias Penjiplakan alias Duplikasi. Tapi apakah kita perlu takut ketika keadaan sudah begitu? Jawabannya tergantung pada anda, anda tidak perlu takut jika anda yakin bahwa hasil ciptaan anda jauh lebih bagus dan jika anda yakin bahwa anda bisa membuat yg jauh lebih bagus dari orang yang menjiplak anda.

Berhati-hatilah ketika bercerita tentang ide anda di tempat umum, kafe, tempat makan, bus, angkot atau kendaraan umum lain dan dimanapun. Bahkan kadang terhadap teman anda sekalipun.

Saya heran, ketika ada seseorang yang mau membuat sesuatu yang bisa dibilang sama dengan produk saya, dalam hati saya berkata “Apakah otak anda buntu dan tidak bisa mencari ide anda sendiri?”. Tapi yasudahlah mungkin benar-benar tidak bisa dan tidak mampu mencari ide lain. Sehingga “ikut-ikutan” membuat seperti apa yang kita buat. Kita maklumi saja.

Ide adalah ruh sebuah produk.
-Azwar Akbar 2012-

Tinggalkan Balasan

